Jangan Tunggu Kaya Baru Investasi! Simak 6 Tips Memulai Investasi dengan Modal Kecil untuk Pemula

BPR Lewat! Krom Bank Tawarkan Bunga Deposito hingga 8,75%

Di era modern ini, semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya investasi untuk mencapai tujuan keuangan jangka panjang.

Namun, banyak yang masih ragu untuk memulai karena merasa modal yang dimiliki terlalu kecil. Padahal, dengan strategi yang tepat, investasi bisa dimulai dengan modal minim sekalipun. Yuk simak bersama enam tips memulai investasi dengan modal kecil

1. Pahami Konsep Dasar Investasi

Sebelum memulai, penting untuk memahami konsep dasar investasi. Dua cara utama untuk menghasilkan uang dari investasi adalah melalui capital gains (menjual aset dengan harga lebih tinggi dari harga beli) dan yield (dividen, bunga, atau pendapatan sewa). Memahami cara kerja investasi membantu kamu membuat keputusan yang lebih cerdas dan strategis.

Baca buku atau artikel tentang investasi dasar, ikuti seminar, atau ambil kursus online. Memiliki pengetahuan dasar akan membantumu merasa lebih percaya diri saat memulai investasi.

2. Tetapkan Tujuan Investasi yang Jelas

Menetapkan tujuan investasi yang jelas sangat penting. Apa yang ingin kamu capai dari investasi ini? Apakah untuk dana pensiun, pendidikan anak, atau membeli rumah? Dengan tujuan yang jelas, kamu dapat merencanakan langkah-langkah yang lebih spesifik dan terukur.

Bagi tujuanmu menjadi tiga jangka waktu: pendek (12 bulan), menengah (5 tahun), dan panjang (lebih dari 5 tahun). Visualisasikan tujuanmu untuk membantu menjaga komitmen dan motivasi.

3. Mulai dengan Investasi Kecil

Tidak perlu menunggu hingga memiliki banyak uang untuk mulai berinvestasi. Mulailah dengan jumlah kecil yang sesuai dengan kemampuanmu. Dengan memulai dari kecil, kamu bisa belajar dan memahami dinamika pasar tanpa mengambil risiko besar.

Mulailah dengan nominal yang tidak akan membebani kondisi keuanganmu. Penting untuk tetap merasa nyaman dan tidak stres saat memulai investasi.

4. Diversifikasi Investasi

Diversifikasi adalah kunci untuk mengurangi risiko. Jangan menaruh semua uangmu di satu jenis investasi. Sebaliknya, sebar investasi kamu di berbagai aset seperti saham, obligasi, dan deposito. Diversifikasi membantu melindungi portofoliomu dari fluktuasi pasar yang tajam.

Mulailah dengan investasi di produk yang memiliki risiko rendah hingga sedang, seperti deposito berjangka, reksadana atau obligasi pemerintah. Setelah merasa lebih nyaman, kamu bisa mulai mencoba investasi yang lebih berisiko seperti saham.

5. Pilih Platform Investasi yang Tepat

Pilih platform investasi yang sesuai dengan kebutuhanmu. Beberapa platform menawarkan biaya transaksi rendah dan berbagai pilihan produk investasi yang sesuai untuk pemula.

Cari platform yang user-friendly dan menyediakan edukasi investasi bagi penggunanya. Ini akan membantumu merasa lebih nyaman dan percaya diri dalam mengambil keputusan investasi.

6. Pantau dan Evaluasi Portofolio

Setelah berinvestasi, penting untuk memantau dan mengevaluasi portofoliomu secara rutin. Tinjau kinerja investasi dan lakukan penyesuaian jika diperlukan. Jangan takut untuk mengubah strategi jika situasi keuangan atau tujuan investasimu berubah.

Tetapkan waktu khusus setiap bulan atau kuartal untuk meninjau portofolio. Dengan cara ini, kamu bisa memastikan bahwa investasi kamu tetap sesuai dengan tujuan keuangan yang telah ditetapkan.

Keunggulan Krom Bank untuk Mendukung Investasimu

Memulai investasi tidak harus menunggu hingga kamu kaya. Dengan modal kecil dan strategi yang tepat, kamu bisa mulai membangun portofolio investasi yang kuat dan mencapai tujuan keuangan jangka panjang. Krom Bank dengan berbagai keunggulannya, seperti bunga deposito tinggi, tabungan dengan bunga tinggi, dan keamanan terjamin, dapat menjadi partner yang tepat untuk memulai perjalanan investasimu. 

Deposito Berjangka dengan Bunga Tinggi

Salah satu keunggulan Krom Bank adalah fitur Deposito Berjangka dengan bunga tinggi hingga 8,75% per tahun. Jauh di atas rata-rata bunga deposito di bank lain, Krom Bank memberikan keuntungan yang stabil dan terjamin bagi kamu. Deposito berjangka ini sangat cocok bagi kamu yang ingin mendapatkan return yang pasti dan terhindar dari risiko fluktuasi pasar.

Tabungan dengan Bunga Tinggi

Mencari tabungan yang tidak hanya aman, tetapi juga memberikan keuntungan optimal? Krom Bank hadir dengan solusi tabungan berbunga tinggi hingga 6% per tahun. Dengan begitu, kamu bisa menikmati passive income yang stabil dan terjamin tanpa risiko. Tabungan ini cocok untuk dana darurat atau tujuan finansial jangka pendek yang memerlukan likuiditas tinggi.

Keamanan Terjamin

Krom Bank telah berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta merupakan peserta penjaminan LPS. Dengan demikian, kamu dapat melakukan transaksi keuangan dengan tenang dan percaya diri, mengetahui bahwa dana investasimu aman dan terlindungi.

Fleksibilitas Pilihan Jangka Waktu

Krom Bank menawarkan fleksibilitas dalam memilih jangka waktu deposito, dengan pilihan tenor harian mulai dari 14 hari sampai 180 hari sehingga kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhanmu. Krom Bank juga memberikan opsi penarikan dana sebelum jatuh tempo, sehingga kamu memiliki kontrol penuh atas investasi kamu.

Gratis Transfer dan Top Up

Dengan fitur gratis transfer dan top up hingga 30 kali per bulan, kamu dapat melakukan transaksi keuangan tanpa perlu khawatir akan biaya administrasi yang tinggi. Bebaskan diri kamu dari beban biaya tambahan dan fokuslah pada pengelolaan keuangan yang lebih efisien.

Manfaatkan Fitur Aplikasi yang Mudah Digunakan

Krom Bank menghadirkan aplikasi yang intuitif dan user-friendly untuk memudahkan kamu dalam mengelola keuangan. Dengan antarmuka yang sederhana dan mudah dipahami, kamu dapat melakukan berbagai transaksi keuangan dengan cepat dan nyaman. Top up, pembayaran tagihan, dan berbagai fitur lainnya tersedia di aplikasi Krom Bank, memungkinkanmu untuk mengoptimalkan pengelolaan keuangan secara efektif.