Manfaat dan Cara Istirahat yang Baik dan Benar

Manfaat dan Cara Istirahat yang Baik dan Benar

Centuraurgenter –┬áTidur yang cukup ternyata menjadi salah satu kebutuhan yang paling penting dan memberikan berbagai manfaat kesehatan. Berikut adalah beberapa manfaat tidur yang cukup untuk menjaga kesehatan tubuh:

1. Tetap fokus dan produktif

Tubuh lebih sejuk keesokan harinya saat Anda cukup tidur. Kita lebih fokus dan efisien saat berada dalam tubuh yang segar. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur cenderung mengalami lebih banyak kesulitan dengan tugas mandiri dan membutuhkan waktu lebih lama untuk menyelesaikan atau bekerja.

Tentu akan berbeda dengan orang yang istirahatnya cukup. Mereka pasti akan lebih fokus, fokus dan produktif dibanding orang yang kurang istirahat.

2. Meningkatkan Suasana Hati

Kemampuan untuk meningkatkan suasana hati Anda adalah manfaat terbaik kedua dari tidur. Pikiran Anda akan lebih jernih setelah istirahat dan suasana hati Anda akan membaik. Otak memproses perasaan dan pikiran saat kita tidur sehingga kita dapat merespons dengan lebih efektif.

Akibatnya, orang yang kurang tidur mungkin lebih emosional dan bereaksi negatif terhadap situasi. Menurut beberapa penelitian, orang dengan gangguan tidur lebih mungkin menderita depresi atau kecemasan.

3. Meningkatkan Memori

Tidur yang nyenyak juga membantu kita mengingat berbagai hal. Hal ini disebabkan otak memproses ingatan selama tidur nyenyak, memungkinkannya menyimpan ingatan. Kita sering mengalami kesulitan berkonsentrasi mempelajari hal-hal baru ketika kita tidak cukup tidur. Selain itu, kurang tidur juga dapat mencegah otak memiliki cukup waktu untuk mengingat sesuatu.

Cara terbaik untuk beristirahat

Untuk mendapatkan beberapa manfaat di atas, Anda bisa melakukannya dengan beberapa cara, seperti:

1. Menjaga asupan makanan dan minuman sebelum tidur

Anda tidak bisa tidur dalam keadaan lapar jika ingin tidur nyenyak. Kita biasanya bangun di tengah malam ketika lapar. Namun, hindari makan terlalu dekat dengan waktu tidur. Penjelasannya adalah dapat menyebabkan mulas dengan mendorong asam lambung naik ke kerongkongan.

Makan malam empat jam sebelum tidur. Teknik ini tidak akan membuat Anda tertidur sambil menenangkan perut. Perlu diperhatikan konsumsi air putih sebelum tidur selain menjaga makanan. Jika Anda minum terlalu banyak air sebelum tidur, Anda mungkin terbangun di tengah malam untuk pergi ke kamar mandi.

Karena itu, lebih baik minum air putih yang cukup. Hindari minum kopi, teh, cola atau coklat karena mengandung kafein yang bisa membuat Anda mengantuk.

2. Buatlah ruangan senyaman mungkin

Membuat ruang senyaman mungkin akan membantu Anda mendapatkan istirahat terbaik. Lingkungan yang tenang, sejuk dan gelap akan meningkatkan kualitas tidur. Cara lain untuk memberi tahu otak Anda bahwa Anda sedang tidur adalah membuatnya tetap gelap. Hasilnya, kualitas tidur menjadi lebih baik.

3. Jadwal tidur teratur

Menetapkan pola tidur yang teratur adalah strategi lain untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak. Tujuannya untuk mengatur ulang jam biologis tubuh agar bisa mengenali sendiri kapan waktunya tidur.

Sumber:

Berita Riau